Disdik Ajarkan Pengelola Kembangkan PAUD

Home / Pendidikan / Disdik Ajarkan Pengelola Kembangkan PAUD

Disdik Ajarkan Pengelola Kembangkan PAUD

Disdik Ajarkan Pengelola Kembangkan PAUD

Disdik Ajarkan Pengelola Kembangkan PAUD

Disdik Ajarkan Pengelola Kembangkan PAUD

Berbagai cara dilakukan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabuapaten Bogor untuk bisa mengembangkan Paud

yang ada di wilayahnya. Kali ini cara yang dilakukan dengan menggelar kegiatan pelatihan pengembangan Satuan Paud Sejenis (SPS). Acara yang mengusung tema peningkatan kualitas pengelolaan dan pelayanan pendidikan anak usia dini daerah ini berlangsung di salah satu hotel yang ada di kawasan Kecamatan Megamendung, kemarin.

Kasi Kelembagaan PNF Disdik Kabupaten Bogor, Wembi Syarief Chan, mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk pengembangan tata keloloa manajerial, untuk lembaga SPS. “Kegiatan dilakukan selama tiga hari yang dimulai pada tanggal 22-24 Oktober, dengan melibatkan 150 orang peserta dari unsur ketua pengelola,” kata Wembi.

Menurutnya, dalam kegiatan pelatihan ini pihaknya melibatkan empat narasumber yang diantaranya

dari unsur Kemdikbud, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Universitas Ibn Khaldun Bogor dan Insruktur Pendidikan Inklusif. “Adapun materi yang dipaparkan meliputi pengasungan positif atau praneting, penerapan layanan kesehatan meliputi gizi dan perwawatan anak usia dini, strategi implemetasi Paud Holistik Integratif serta pemerataan konsep layanan inklusif,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Disdik Kabupaten Bogor, Entis Sutisna, menjelaskan saat ini terdapat kurang lebih 3.000 lembaga Paud yang tersebar di 40 kecamatan. Di mana hal tersebut menjadi tolak ukur, bagi pemerintah bahwa layanan pra sekolah memang dibutuhkan masyarakat.

“Kita tidak bisa memaksa orangtua untuk memasukan anaknya kepada lembaga pendidikan anak usia dini.

Namun, menjadi tugas dari Disdik dan tenaga pendidik di wilayah, agar membangun serta menjalankan layanan pendidikan bagi masyarakat,” katanya.

Menurutnya, untuk menumbuhkan angka presentase tersebut, pihaknya menjalin kerjasama dengan berbagai instansi dan salah satunya UNICEF. “Untuk memberikan pelayanan terbaik serta efektif bagi pengembangan karakter, gizi dan perbaikan angka stunting daerah. Kami dan UNICEF membentuk program Gerakan Ayo Ke Paud dan penyelenggarakan lembaga anak usia dini Holistik Integratif,” ujar Entis

 

Sumber :

https://education.microsoft.com/Story/CommunityTopic?token=Ue57v