Pusat Inkubator Bisnis IPB Terima Penghargaan dari Kemenristekdikti

Home / Pendidikan / Pusat Inkubator Bisnis IPB Terima Penghargaan dari Kemenristekdikti

Pusat Inkubator Bisnis IPB Terima Penghargaan dari Kemenristekdikti

Pusat Inkubator Bisnis IPB Terima Penghargaan dari Kemenristekdikti

Pusat Inkubator Bisnis IPB Terima Penghargaan dari Kemenristekdikti

Pusat Inkubator Bisnis IPB Terima Penghargaan dari Kemenristekdikti

Disebut negara maju apabila jumlah startup berbasis teknologinya minimal mencapai 5 persen

dari jumlah penduduknya. Indonesia baru mencapai 1,67 persen. Oleh karena itu perguruan tinggi didorong perlunya memiliki lembaga Inkubator Bisnis Teknologi, teaching industri dan teaching factory.

Hal ini disampaikan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Prof. Muhamad Nasir dalam Forum Nasional Inkubator Bisnis Teknologi (IBT) dengan tema Menuju Inovasi Industri 4.0 di Jakarta (3-4/12). Prof. Mohamad Nasir menekankan pentingnya inovasi yang berlanjut pada tumbuh dan berkembangnya startup berbasis teknologi.

Dalam acara yang digelar oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi

(Kemenristekdikti) bekerjasama dengan Asosiasi Inkubator Bisnis Indonesia (AIBI) ini, ada lebih dari 100 lembaga Inkubator Bisnis Teknologi (anggota AIBI) yang hadir. Forum ini menghadirkan narasumber baik dari dalam negeri maupun luar negeri (Vietnam, Singapore, Swiss dan Malaysia) dan Keynote Speech oleh Dr.Ing. Ilham A. Habibie, MBA.

Pada kesempatan ini, Pusat Inkubator Bisnis (incuBie) Institut Pertanian Bogor (IPB) mendapatkan penghargaan dari Kemenristekdikti atas prestasinya dalam menginkubasi Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT) kepada para tenant binaannya. Pemberian penghargaan diserahkan oleh Prof. M. Nasir kepada Kepala incuBie, Dr.Ir. Rokhani Hasbullah, M.Si.

Dalam paparannya, Dr. Rokhani mengatakan bahwa sejak tahun 2013 jumlah proposal IBT/PPBT yang masuk melalui incuBie mencapai 90 proposal dan berhasil didanai sebanyak 40 proposal dengan pendanaan sebesar Rp 250 juta hingga Rp 400 juta per proposal.

Sementara itu Kepala Divisi Program Inkubasi, Deva Primadia Almada, SPi., M.Si

menambahkan bahwa penghargaan ini diraih dengan kriteria penilaian adalah jumlah proposal insentif IBT dan PPBT yang didanai Kemristekdikti sejak 2013 hingga saat ini.

“Bisnis tenant incuBie peserta program insentif IBT dan PPBT terus berkembang pasca mengikuti program insentif dari Kemenristekdikti dan menjadi rujukan bagi inkubator lain. Semoga penghargaan ini menjadi pemacu semangat bagi IPB untuk terus menumbuhkembangkan perusahaan-perusahaan baru sebagai kontribusi IPB dalam membangun perekonomian bangsa,” ujarnya.

Dalam kesempatan terpisah, Rektor IPB, Dr. Arif Satria menyampaikan harapannya terkait prestasi yang berhasil diraih oleh incuBie IPB. “Semoga prestasi ini makin memperkuat IPB sebagai kampus inovasi yang menumbuhkan sejumlah start up yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa,” ujarnya. (**/Zul)

 

Sumber :

https://jeffmatsuda.com/