Parade Kostum Buah-buahan Peringati Hari Buah Sedunia

Home / Pendidikan / Parade Kostum Buah-buahan Peringati Hari Buah Sedunia

Parade Kostum Buah-buahan Peringati Hari Buah Sedunia

Parade Kostum Buah-buahan Peringati Hari Buah Sedunia

Parade Kostum Buah-buahan Peringati Hari Buah Sedunia

Parade Kostum Buah-buahan Peringati Hari Buah Sedunia

Penampilan mahasiswa Fakultas Industri Kreatif Universitas Surabaya (Ubaya)

di Taman Bungkul menarik perhatian warga Minggu (2/7). Sepanjang rute car free day (CFD), tak sedikit warga yang mengabadikan momen itu dengan ponsel. Sebagian warga juga berfoto bersama mahasiswa yang berpawai dengan kostum karnaval.

Mahasiswa yang berasal dari prodi desain dan manajemen produk (DMP) serta program kekhususan desain fashion dan produk lifestyle (DFPL) melakukan pawai untuk memperingati Hari Buah Sedunia yang jatuh pada 1 Juli. Mereka menampilkan 14 kostum bertema buah. Ada rambutan, jambu, pepaya, belimbing, durian, nangka, manggis, salak, dan nanas.

Mereka juga mengampanyekan gerakan gemar makan buah. Sepanjang jalan,

mereka membagikan selebaran kepada masyarakat. Kemudian menginformasikan kandungan baik dalam buah bagi masyarakat. ”Harapannya, masyarakat semakin sadar pentingnya makan buah,” tutur Brian Kurniawan Jaya selaku ketua panitia acara itu saat mendampingi pawai kemarin.

Proses persiapan kegiatan tersebut dirancang sejak dua bulan lalu. Tepatnya setelah ujian tengah semester (UTS). Dosen pengampu mata kuliah rupa dasar di DFPL dan kreativitas di DMP menugasi mahasiswanya untuk membuat kostum buah. Satu kelompok berisi 4–5 mahasiswa.

Setiap pertemuan, seluruh kelompok melaporkan hasil karya masing-masing melalui asistensi. Mulai desain awal hingga hasil jadi. Produk kostum buah itu masuk penilaian ujian akhir semester para mahasiswa semester II yang naik ke semester III tersebut. Mereka juga menargetkan bisa tampil pada Hari Buah Sedunia.

Jihan Ayu Fuji Astuti mengatakan, tugas membuat kostum tersebut penuh tantangan

. Karya mahasiswa program kekhususan DFPL itu sempat ditolak dosen hingga lima kali. Namun, dia dan ketiga temannya, yakni Nabila Anggraeni, Jessica, dan Aulia Afifah, tidak kehabisan ide. ”Kami ikuti saran dosen. Yang kurang terus diperbaiki,” ujarnya.

Karya kostum yang terinspirasi buah rambutan itu akhirnya jadi dalam waktu kurang dari satu bulan. Jihan dan kawan-kawan mengerjakannya sendiri mulai dari desain, pengecatan, hingga hasil akhir. Hasilnya jauh dari kata mengecewakan. Bahkan, desain itu paling diminati masyarakat untuk diajak foto bersama di CFD Taman Bungkul.

 

Sumber :

https://harare.storeboard.com/blogs/education/material-about-building-a-beam-room/965003