Gebyar Budaya Jawa Barat di Kairo

Home / Pendidikan / Gebyar Budaya Jawa Barat di Kairo

Gebyar Budaya Jawa Barat di Kairo

Gebyar Budaya Jawa Barat di Kairo

Gebyar Budaya Jawa Barat di Kairo

Gebyar Budaya Jawa Barat di Kairo

Pelajar Jawa Barat atau yang lebih terkenal disebut sebagai KPMJB

(Keluarga Paguyuban Masyarakat Jawa Barat) Mesir, adalah wadah pemersatu dan wadah kehidupan bermasyarakat mahasiswa asal Jawa Barat.

KPMJB sekaligus menjadi pusat pembinaan dan pengembangan kreativitas untuk membentuk masyarakat yang berilmu dan berbudaya.

Sebagai bentuk kesyukuran 40 tahun eksistensi paguyuban ini, pada 10 November bertepatan dengan Hari Pahlawan Nasional, pelajar Jawa Barat menghadirkan Gebyar Parahiyangan VI sekaligus sebagai ajang promosi budaya kesenian Sunda di International Park, Kairo.

Tema yang mereka angkat adalah Aku, Kamu, dan Semesta. ’’KPMJB

berdiri 10 November 1977, sudah 40 tahun, kami sangat berbangga, semoga di usianya ini, KPMJB Mesir selalu bisa berkontribusi untuk mahasiswa Indonesia di Mesir,” sambut Yuda Meilana, Gubernur KPMJB Mesir di hadapan penonton saat memberikan sambutan.

Gebyar Parahiyangan yang bertujuan sebagai ajang promosi budaya kesenian Sunda ini menampilkan beragam alat-alat musik tradisional asal Jawa Barat. Di antaranya Angklung, Calung, Seruling dan Gamelan.

Dengan ekplorasi yang apik dari para seniman Lingkung Seni Gentra

Pasundan (LSGP) dipadukan dengan musik drum dan juga akustik berhasil membuka pagelaran seni ini dengan musik orkestra yang mendapat sambutan tepuk tangan meriah dari penonton yang memadati Garden Hall, International Park, Kairo Jumat malam itu.(*)

 

Sumber :

http://www.disdikbud.lampungprov.go.id/perencanaan/jenis-jenis-kata.html