Pengertian perubahan sosial

Home / Pendidikan / Pengertian perubahan sosial

Pengertian perubahan sosial

Pengertian perubahan sosial

Pengertian perubahan sosial

Pengertian perubahan sosial

 

William Ogburn, menjelaskan pengertian

perubahan sosial dengan membuat batasan ruang lingkup perubahan sosial itu. Dia menjelaskan bahwa perubahan sosial itu mencakup unsur unsur kebudayaan (baca pengertian kebudayaan) baik yang bersifat materiil dan yang tidak bersifat material (immaterial) dengan menekankan pengaruh yang besar dari unsur unsur kebudayaan yang materiil terhadap unsur unsur kebudayaan immateriil.

 

Selanjutnya dijelaskan oleh Kingsley Davis

tentang pengertian perubahan sosial. Dia menjelaskan bahwa perubahan sosial merupakan perubahan perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat. Contoh perubahan sosial yang dia maksud seperti: Terjadinya pengorganisasian buruh dalam masyarakat industri atau kapitalistis. Hal ini menyebabkan perubahan perubahan hubungan antara majikan dan para buruh yang kemudian terjadi perubahan juga dalam organisasi politik yang ada dalam perusahaan tersebut dan masyarakat.

 

Kemudian, Gillin dan Gillin memberikan tanggapan dalam salah satu karangannya bahwa pengertian perubahan sosial sebagai suatu variasi cara cara hidup yang telah diterima, yang disebabkan baik karena perubahan kondisi geografis, kebudayaan materiil, komposisi penduduk, ideologi (baca pengertian ideologi) maupun disebabkan karena adanya difusi maupun penemuan penemuan baru dalam masyarakat  (baca pengertian masyarakat ) tersebut.

Selo Soermadjan juga memberikan tanggapan tentang apa pengertian perubahan sosial itu. Dia mengatakan bahwa perubahan sosial adalah segala perubahan yang terjadi pada lembaga lembaga kemasyarakatan di dalam masyarakat yang memengaruhi sistem sosialnya, termasuk di dalamnya nilai nilai, sikap sikap, dan pola pola peri kelakuan di antara kelompok kelompok dalam masyarakat tersebut.

Hans Garth dan C. Wright Mills juga memberikan definisi perubahan sosial. Mereka berdua mengatakan bahwa pengertian perubahan sosial adalah apapun yang terjadi baik itu kemunculan, perkembangan, dan bahkan kemunduruan dalam kurun waktu tertentu terhadap peran, lembaga, ataupun tatanan yang meliputi struktur sosial.

Terakhir oleh Samel Koenig. Secara ringkas dia memberikan tanggapan tentang pengertian perubahan sosial sebagai modifikasi modifikasi yang terjadi dalam pola pola kehidupan manusia.

Belajar dari beberapa pendapat ahli

tentang pengertian perubahan sosial, dapat dilihat bahwa tidak semua perubahan sosial yang terjadi dalam struktur sosial masyarakat bersifat kemajuan, dapat merupakan kemunduran, walaupun dalam dinamika sosial selalu diarahkan kepada gejala transformasi yang bersifat linier. Oleh karena itu kita dapat membagi dua jenis perubahan sosial berdasarkan penyebabnya yaitu perubahan sosial yang direncanakan dan perubahan sosial yang tidak direncanakan. Contoh perubahan sosial yang direncanakan seperti adanya rencana pemerintah dalam program pembangunan masyarakat seperti sistem KB (keluarga berencana) dan banyak lagi.

Contoh perubahan sosial

yang tidak direncanakan tentu saja banyak terjadi dan merupakan peristiwa tragis seperti bencana alam dan peperangan. Hal ini dapat anda lihat pada kehancuran beberapa peradapan dahulu karena gunung merapi, gempa, tsunami, dan berbagai peperangan seperti perang dunia I, II, holocaust dan banyak lagi.
Sehingga dapat dikatakan memang dalam dinamika sosial, perubahan sosial dianggap transformasi. Dengan adanya peristiwa tertentu, sebuah masyarakat akan mengalami kemunduran dan bahkan hancur kemudian membangun kembali dengan bentuk yang lebih baik lagi
Sumber : http://www.vaindo.com/tahap-mengajari-anak-menulis-dengan-cara-menyenangkan/