3 Oktober, Batas Pengajuan Dana Infrastruktur Desa

Home / Pendidikan / 3 Oktober, Batas Pengajuan Dana Infrastruktur Desa

3 Oktober, Batas Pengajuan Dana Infrastruktur Desa

3 Oktober, Batas Pengajuan Dana Infrastruktur Desa

3 Oktober, Batas Pengajuan Dana Infrastruktur Desa

3 Oktober, Batas Pengajuan Dana Infrastruktur Desa

BANDUNG–Pengajuan berkas pengajuan dana infrastruktur desa

akan berakhir pada 3 Oktober 2014 mendatang. Pada pertemuan dengan wartawan di kantornya Jl. Soekarno-Hatta 466 Bandung, Selasa (23/9), Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Jawa Barat, Dede Rusdia menghimbau para kepala desa dan masyarakat untuk segera mengajukan berkas agar dana ini dapat terserap dengan baik.

Hingga saat ini, BPMPD telah memverifikasi 4.300-an berkas dan telah diserahkan ke Biro Keuangan Setda Jawa Barat untuk dicairkan. Sementara desa yang sudah menerima kucuran dana sebanyak 2.100-an desa. Namun, Dede mengatakan pada tahun kedua ini, pengucuran dana mengalami kendala, salah satunya keterlambatan pencairannya karena himbauan KPK yang melarang mencairkan dana bantuan atau hibah kepada masyarakat terkait Pileg dan Pilpres lalu.

”Keterlambatannya kita menghadapi Pileg-Pilpres. Dari hasil Bintek Februari-Maret-April kita tidak bisa meluncurkan. Karena edaran KPK bahwa kepada seluruh Indonesia tidak boleh bantuan hibah dan sebagainya kepada daerah”, ujar Dede kepada awak media yang hadir.

Selain itu, ada pula kesalahpahaman dalam administrasi

yang harus di lengkapi para kepala desa serta kurangnya petugas verifikasi di Biro Keuangan.

Dede pun menuturkan untuk lebih memaksimalkan pencairan dana ini hingga 3 Oktober mendatang, pihaknya telah mengirimkan surat edaran ke seluruh kecamatan dan kabupaten untuk segera mengajukan berkas yang dibutuhkan ke BPMPD Provinsi.

Untuk itu, Dede menghimbau kepada para kepala desa dan masyarakat agar dapat memanfaatkan dana ini dengan baik, serta mengawasi psenggunaannya. ”Jaga keutuhan uang yang menuju desa. Kalau ada kekurangan atau hambatan, koreksi dengan BPMD Kabupaten dan BPMPD Provinsi. Bagi yang belum menerima segera konsolidasi dengan Kabupaten untuk diproses lebih lanjut ke provinsi”, kata Dede.

Dana Infrastruktur Desa merupakan program Pemprov Jawa Barat

yang digulirkan sejak 2013 lalu yang tertuang dalam RPJMD Jawa Barat 2013-2018. Setiap desa di seluruh Jawa Barat akan mendapat Rp 100 juta+Rp 15 juta untuk dana kinerja desa. Program ini diluncurkan untuk mendukung pembangunan fisik desa, seperti jalan, irigasi dan sarana lainnya-yang dapat mendukung proses pembangunan di 5.321 desa yang ada di Jawa Barat.

 

Sumber :

Contoh Jaringan Tumbuhan