Mengenal Tentang Pengobatan Untuk Mengurangi Kerut Wajah

Home / Kesehatan / Mengenal Tentang Pengobatan Untuk Mengurangi Kerut Wajah

Mengenal Tentang Pengobatan Untuk Mengurangi Kerut Wajah

Mengenal Tentang Pengobatan Untuk Mengurangi Kerut Wajah

Mengenal Tentang Pengobatan Untuk Mengurangi Kerut Wajah

Mengenal Tentang Pengobatan Untuk Mengurangi Kerut Wajah

Pengobatan untuk mengurangi kerut wajah yang diaplikasikan langsung ke kulit biasanya lebih efektif. Berikut ini adalah cara-cara yang dapat digunakan untuk mengobati dampak penuaan dan photoaging:

  1. Injeksi Toksin Botulinum

Ahli dermatologis telah mengumpulkan efek biologis yang berguna dari toksin botulinum untuk mengobati efek dari penuaan seperti garis-garis pada dahi dan keriput pada wajah. Para ahli dermatologis menggunakan toksin botulinum yang dimurnikan dalam jumlah yang sangat sedikit untuk diinjeksikan pada target di wajah.

Hasilnya obat ini akan memblok inervasi otot sehingga terjadi imobilisasi pergerakan otot yang bersifat lokal. Imobilisasi ini mencegah pembentukan garis-garis kerut dan keriput ketika pasien mengerutkan dahi.

Hasil pengobatan ini bertahan 3-4 bulan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pengobatan dengan toksin botulinum ini diulangi selama beberapa kali dan dikombinasikan dengan program training, membiasakan otot guna meminimalisir ekspresi kerutan wajah.

Pengobatan dengan toksin botulinum dilakukan kurang lebih 30 menit di tempat praktek ahli dermatologis. Harga yang mahal, risiko besar, dan tidak praktis merupakan kelemahan tehnik ini.

2. Injeksi Kolagen

Kolagen merupakan zat yang terdiri atas serat protein dari jaringan manusia atau binatang. Kolagen memberikan kekuatan pada struktur kulit, tulang, dan ligamen. Sebagian besar kolagen yang digunakan untuk pengobatan cara ini, berasal dari binatang. Bagi mereka yang alergi terhadap kolagen sapi atau zat mirip kolagen, tetap dapat diberikan, tetapi dengan menggunakan kolagen dari donor sendiri, dari pasien lain atau jaringan donor.

Sebelum diberikan, ahli dermatologis akan memeriksa apakah pasien alergi terhadap kolagen sapi. Efek injeksi kolagen dapat bertahan 3-12 bulan. Sama dengan injeksi botulinum, harga yang mahal, risiko yang besar, tidak praktis, dan dapat menimbulkan alergi merupakan kelemahan dari tehnik ini.

3. Produk-produk OTC (Over-the-counter)

Bahan-bahan yang mengandung retinol (keluarga vitamin A), AHA, antioksidan seperti vitamin C dan vitamin E, serta pelembab dapat mengurangi munculnya garis-garis halus dan keriput. Produk yang digunakan secara topikal ini relatif lebih praktis dan aman sehingga lebih disukai.

Antioksidan yang digunakan secara topikal, terutama vitamin C dan E, berfungsi untuk membantu sel-sel memperbaiki kerusakan kulit akibat radikal bebas yang disebabkan radiasi UV dan asap rokok.

Magnesium ascorbyl phosphate adalah derivat vitamin C yang larut air dan cepat populer di dunia perawatan kulit. Kelebihan Magnesium ascorbyl phosphate adalah tidak mengiritasi dan lebih stabil dari vitamin C. Dan yang lebih penting lagi bahwa magnesium ascorbyl phosphate memiliki potensi yang sama seperti vitamin C untuk meningkatkan sintesis kolagen kulit.

Secara garis besar, magnesium ascorbyl phosphate muncul sebagai pilihan yang lebih baik dari pada vitamin C, untuk orang-orang dengan kulit sensitif dan yang mengharapkan efek magnesium ascorbyl phosphate untuk menghindari pengelupasan kulit. Meskipun Magnesium ascorbyl phosphate lebih stabil daripada vitamin C tapi masih dapat terdegradasi bila terkena cahaya dan udara. Oleh karena itu kesegaran dan penyimpanan yang baik sangat penting.

4. Intense Pulsed Light (IPL)

IPL (Intense Pulsed Light) adalah upaya perawatan kulit dengan menggunakan berbagai panjang gelombang cahaya. Dengan menggunakan IPL kita dapat memilih dari berbagai panjang gelombang cahaya (lain halnya dengan laser yang hanya menggunakan satu gelombang cahaya saja). 

Sebelum dilakukan perawatan kulit dengan IPL, data tentang warna kulit, area kulit kita dan jenis kulit, dimasukkan ke komputer untuk dianalisa dan untuk mendapatkan penampilan yang paling tepat untuk kulit kita. Selama perawatan, berbagai panjang gelombang cahaya dimasukkan kedalam lapisan kulit bagian atas, yang memusatkan energinya pada tingkat yang berbeda. 

Cara ini memungkinkan kita untuk merawat berbagai masalah yang berbeda. Perawatan IPL dapat menunda proses penuaan pada tempat-tempat yang paling tampak; tangan, leher, dada bagian atas dan wajah. IPL secara khusus dapat merawat :

  • Kemerahan pada leher
  • Warna kulit yang tidak rata, bintik-bintik dan flek-flek hitam
  • Flek-flek pigmentasi kecoklatan
  • Noda-noda sengatan matahari
  • Kerusakan kulit oleh sinar matahari
  • Kerutan halus
  • Menghilangkan urat darah halus di wajah, memperbaiki Rosacea
  • Mengecilkan ukuran pori-pori
  • Tanda-tanda wajah/penuaan
  • Pigmentasi

Perawatan ini memerlukan waktu sekitar 20 menit untuk wajah. Sehabis perawatan, efeknya hanya sedikit merah. Keadaan ini akan hilang dalam waktu satu atau dua jam. Kita bisa langsung memakai rias wajah dan kembali bekerja. Umumnya perawatan ini memerlukan waktu 3-4 kali perawatan setiap dua minggu.

 

Baca Artikel Lainnya: